Presiden dijadwalkan bertolak menuju Swedia

presiden susilo bambang yudhoyono, senin pagi dijadwalkan bertolak menuju swedia supaya mengerjakan kunjungan kerja ditemani ibu negara ani yudhoyono.

kepala negara bersama rombongan dijadwalkan bertolak dari bandara halim perdanakusuma jakarta.

sebelumnya, staf khusus presiden jenis hubungan internasional teuku faizasyah selama jakarta, menyampaikan kunjungan kenegaraan ke swedia dilakukan atas undangan raja carl xiv gustav.

ia menjelaskan bahwa kunjungan kerja ke amerika serikat merupakan agar menghadiri pertemuan kelima panel tingkat tinggi jadwal pembangunan pasca-2015 serta menyatakan laporan akhir panel terhadap sekretaris jenderal pbb ban ki-moon.

Informasi Lainnya:

rangkaian lawatan tersebut, berdasarkan faizasyah, akan diawali melalui kunjungan kenegaraan ke stockholm, swedia, di tanggal 27--29 mei 2013.

selama dalam swedia, presiden yudhoyono dijadwalkan mengerjakan kunjungan kehormatan kepada raja swedia, carl xvi gustaf, mengerjakan pertemuan bilateral melalui pm swedia, fredrik reinfeldt dan ketua parlemen swedia, per westerberg.

tentunya kunjungan ini pun ingin digunakan agar semakin memperkokoh kerja sama yang saling menguntungkan, utamanya pada bidang ekonomi, lingkungan hidup, juga studi, kata faizasyah.

menurut dia, selama pertemuan tersebut hendak dibahas isu-isu yang merupakan kepentingan kedua negara, utamanya dalam jenis ekonomi, lingkungan hidup dan perubahan cuaca, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, riset, juga teknologi.

dalam kunjungan itu, tutur dia, mau ditandatangani sejumlah nota kesepahaman, diantara lain, dalam jenis ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi, juga kesehatan.

selain pertemuan dengan pejabat tinggi swedia, presiden yudhoyono juga dijadwalkan mau menerima sederat ceo perusahaan terkemuka swedia, diantara lain, ceo business sweden, ceo ikea, dan pemimpin perusahaan investor ab.

melalui pertemuan itu, faizasyah menambahkan, diinginkan kaum pelaku bisnis utama swedia akan semakin diyakinkan atas potensi investasi dalam indonesia.

dari swedia, presiden yudhoyono dan delegasi akan bertolak menuju new york, amerika serikat.

pertemuan kelima panel tingkat tinggi jadwal pembangunan pasca-2015 tersebut merupakan pertemuan terakhir setelah empat pertemuan sebelumnya, masing-masing pada new york, amerika serikat (september 2012), london, inggris (november 2012), monrovia, liberia (februari 2013), serta bali, indonesia (maret 2013).

pertemuan ke-5 panel tingkat tinggi tersebut, papar dia, akan dipimpin dengan presiden yudhoyono dan hendak membahas laporan akhir panel juga pengesahan catatan itu.

selanjutnya, presiden yudhoyono atas nama ketua bersama serta anggota panel hendak menyerahkan catatan tersebut terhadap sekjen pbb ban ki-moon.

presiden serta ingin menghadiri sidang majelis umum pbb untuk menyampaikan briefing mengenai dengan catatan tersebut kepada presiden majelis publik pbb dan kaum anggota pbb.

pertemuan terakhir panel di new york dan ingin dipimpin oleh presiden adalah kulminasi dari proses panjang penyusunan catatan panel terkait melalui visi jadwal pembangunan pasca-2015, papar faizasyah.

penyampaian laporan itu kepada sekjen pbb menandai berakhirnya tugas juga mandat panel tingkat tinggi yang ditunjuk sekjen pbb.

sebagaimana halnya mdgs, jadwal pembangunan pasca-2015 yang digariskan pada catatan panel itu dicari mampu adalah referensi negara-negara selama menetapkan prioritas pembangunannya agar jangka waktu 15--20 ke depan setelah tahun 2015, ujarnya.

bertepatan dengan keberadaan presiden yudhoyono di new york, sebuah organisasi nirlaba appeal of conscience foundation (aocf) akan memberikan penghargaan world statesman award.

penghargaan tersebut diberikan atas berbagai capaian selama memajukan penduduk dan demokratis, ikut mewujudkan tatanan internasional yang lebih damai, dan di menyebabkan kemajuan yang lebih besar atas penghormatan ham, kebebasan beragama, serta hubungan antarperadaban.

presiden dan ibu negara beserta delegasi dijadwalkan tiba dalam tanah air pada tanggal 2 juni 2013.