SBY pastikan Indonesia siap masuki AEC 2015

cuma kurang daripada dua setengah tahun dulu, namun presiden susilo yudhoyono akan memastikan kesiapan indonesia untuk menyongsong komunitas ekonomi asean (asean economic community/aec) selama 2015 nanti.

jangan hingga mengeluh tidak siap, tak siap. berhenti supaya menungkapkan tak siap terlebih mengeluh, 'lets do something together, katanya kepada pers nasional, selama pernyataan setengah berbahasa inggris, pada bandar seri begawan, brunei darussalam, jumat.

menuju aec 2015 dibutuhkan sejumlah persyaratan keterpaduan serta konektivitas di semua aspek di antara negara anggota asean, mulai dari tataran hukum, birokrasi juga perundangan, infrastruktur fisik, juga kesamaan persepsi dan kultur tatakelola.

indonesia cuma terbatas menganggarkan apbn-nya agar perawatan serta pengadaan infrastruktur. dibanding supaya infrastruktur, lebih ada anggaran apbn agar subsidi bbm dan dipacu penjualan kendaraan pribadi berbasis ketidakberesan sistem transportasi massal.

Informasi Lainnya:

untuk tersebut, berdasarkan yudhoyono, segera membentuk komite meyakinkan kesiapan indonesia menyongsong komunitas ekonomi asean 2015. dirinya sudah menugasi menteri koordinator perekonomian, hatta rajasa, agar membentuk komite itu.

komite itu hendak diisi daripada seluruh kalangan, mulai daripada pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengusaha, serikat pekerja, juga para ahli. mereka ingin mengindentifikasi sektor-sektor industri di menyongsong komunitas ekonomi asean. diharapkan di 2,5 tahun mampu diperbaiki hal-hal dan dinilai kurang.

dia menyakini, komunitas ekonomi asean bisa meningkatkan perekonomian kawasan. integrasi ekonomi tersebut juga meningkatkan mobilitas modal, manusia dan barang serta jasa selama kawasan. indonesia harus mampu memetik keuntungan yang lebih menarik daripada integrasi ekonomi tersebut.

indonesia tak bisa menjadi the looser, kita harus menjadi the winner, ujarnya kepada insan pers indonesia, sebagian pada bahasa inggris lagi.