Presiden SBY-PM Lee bahas perkembangan ASEAN

menteri luar negeri marty natalegawa menyampaikan presiden susilo bambang yudhoyono serta perdana menteri lee hsien loong membahas perkembangan asean pada `retreat leader` dan diadakan dalam singapura, senin.

selain masalah-masalah bilateral, presiden yudhoyono serta pm lee dan membahas perkembangan selama asean utamanya upaya supaya mencapai komunitas asean 2015, katanya.

dalam kesempatan tersebut, berdasarkan marty, baik pm lee maupun presiden yudhoyono menegaskan pentingnya asean mengkonsolidasikan kohesi, kebersamaan, dan kesatuannya terlebih menghadapi situasi juga kondisi selama kawasan yang serba tak menentu.

di sini tentu dan dimaksud perkembangan pada semenanjung korea, kawasan asia timur selama umumnya, dengan khusus masalah laut china selatan, katanya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, kedua kepala pemerintahan tersebut tinggal menegaskan perlunya masalah laut china selatan diselesaikan dengan jalan damai, melalui perundingan.

digarisbawahi betapa pentingnya `six point principle` dan sudah diupayakan dan sudah disetujui negara asean serta juga betapa pentingnya untuk mencapai `code of conduct` perihal masalah laut china selatan, katanya.

sementara itu, menlu menambahkan dalam `retreat leader` tersebut presiden susilo bambang yudhoyono juga perdana menteri singapura lee hsien loong mengatakan puas dan positif terhadap status hubungan bilateral kedua negara.

`retreat leaders` adalah acara tahunan dua kepala pemerintahan untuk mengevaluasi dan mengkaji hubungan antarkedua negara. sebelumnya `retreat leader` diselenggarakan pada bogor di maret lalu.