9.000 guru di gorontalo masih berstatus honor

pgri gorontalo menungkapkan bahwa saat ini banyak 9.000 guru dan berstatus honor dari total 17.000 guru yang banyak pada daerah ini.

para guru honorer itu harus mengabdi dengan gaji minim juga ada daripada mereka ditempatkan dalam daerah terpencil.

pertama dari segi legitimasi. banyak yg diangkat menurut sk kepsek, bupati ataupun walikota. ini menimbulkan kecemburuan, di sisi lain tugas juga dedikasi mereka amat besar terhadap dunia studi, ujar ketua pgri prov. profesor nelson pomalingo ketika konferensi kerja pgri provinsi gorontalo, sabtu.

selain persoalan legitimasi, tingkat studi guru honorer baru pada bawah rata rata terutama guru terpencil baru banyak dan cuma mengenyam pendidikan pada tingkat smp dan sma.

Informasi Lainnya:

80 persen dari angka guru honor itu masih digaji 200 ribu rupiah perbulan. pembantu rumah tangga saja gajinya paling terbatas 500 rbu rupiah. kondisi ini amat memprihatinkan sehingga kami menyebabkan di pemerintah daerah untuk memperhatikan kaum guru honorer, imbuh mantan rektor universitas negeri gorontalo itu

konferensi kerja terakhir kepengurusan pgri kurun waktu 2007-2012 ini agar mengevaluasi web tahun kemarin serta mempersiapkan kongres tahun 2013.

hal dan menonjol dibahas selama kongres menyangkut kesejahteraan dan mutu guru honorer yang banyak pada provinsi gorontalo.

sementara itu, sekretaris daerah provinsi gorontalo winarni monoarfa meyakinkan pihaknya turut mengakibatkan peningkatan nilai dan nilai pendidikan daerah.

hal tersebut sejalan dengan percepatan millenium development goals mdgs tahun 2015, dan menempatkan pendidikan dibuat salah Satu target sasaran.

pendidikan merupakan Satu daripada empat website unggulan. komitmen tersebut terlihat daripada web prodira dan menjamin siswa usia sekolah supaya mengenyam studi sampai slta dengan tidak mengeluarkan biasa, tuturnya.

terkait melalui kesejahteraan juga mutu guru honorer, sekda mengakui hal tersebut adalah domain pemerintah kabupaten dan kota.

meski demikian, pemprov gorontalo terus menyerahkan perhatian selama jenis tunjangan dan beasiswa dari s1 hingga s3.

tahun ini pemrov sudah mengeluarkan beasiswa bagi 610 pihak guru. rinciannya 500 orang beasiswa s1, 70 orang s2 dan 40 orang lainnya beasiswa s3, lanjutnya.

khusus untuk guru terpencil, dana alokasi prodira diizinkan agar menyewa tunjangan guru honorer selama daerah terpencil, maksimal hingga 600 ribu rupiah.

sebagai organisasi guru, sekda harapkan pgri adalah mitra pemerintah agar memberikan saran juga input pada meningkatkan mutu pendidikan selama gorontalo.

ia dan membayar untuk pgri menyiapkan sistem database guru yang terintegrasi supaya hapal juga mengevaluasi nilai serta nilai guru setiap tahunnya.