Putin ungkap program ruang angkasa 50 miliar dolar AS

presiden vladimir putin dalam jumat mengatakan cara masih rusia senilai 50 miliar dolar agar mengekalkan supremasinya dijadikan kekuatan antariksa, tergolong konstruksi pangkalan selama antariksa (cosmodrome) jenis baru info manusia akan terbang ke angkasa di akhir dekade.

lima puluh dua tahun ke hari sejak yuri gargarin merupakan pahlawan uni soviet melalui menggarap penerbangan manusia pertama ke angkasa, putin meninjau fasilitas masih (vostochny cosmodrome) tersebut dalam kawasan amur di timur jauh.

putin mengatakan di pembahasan telekonfrens melalui para awak multinasional dari stasiun ruang angkasa internasuional (iss) kiranya rusia harapkan mempunyai peluncuran-peluncuran pertama daripada vostochny selama 2015 serta peluncuran pertama melalui awak selama 2018.

ini akan maka web peluncuran hebat. makan masa lama supaya bekerja sama dengan tapi kini konsentari sepenuhnya tengah berjalan, tutur putin pada komentar-komentar dan disiarkan televisi negara, seraya menambahkan kiranya vostochny mau beroperasi penuh pada 2020.

Informasi Lainnya:

rusia baru membawa seluruh launching berawak daripada cosmodrome baikonur dalam kazakhstan -- info sama dan digunakan gargarin ketika menggarap penerbangan ke ruang angkasa dan bersejarah -- namun ini dibayang-bayangi dengan perselisihan soal penyewaan melalui penguasa kazakhstan.

program ruang angkasa rusia terganggu pada pilihan tahun terakhir dengan kegagalan launching satelit tidak berawak ternyata putin berjanji moskow akan terus menyerahkan dukungan.

menurut dia, agar kurun waktu 2013-2020, rusia hendak mengeluarkan dana senilai 1,6 trilun rubel (51,8 miliar dolar as) untuk sektor antariksa, sebuah pertumbuhan dan lebih sulit dari negara-negara yang mempunyai kemampuan selama jenis teknologi luar angkasa yang lain.

putin mengeluh sebab negerinya teringgal daripada negara-negara lain dalam aktifitas luar angkasa disamping penerbangan berawak, yang dia katakan sudah menjadi prioritas situs ruang angkasa rusia.

ada jurang besar antara kami dan negara-negara lain dalam teknologi mutakhir web ruang angkasa, papar putin.

salah Satu kegagalan dan paling memalukan rusia merupakan kehilangan pesawat ruang angkasa phobos-grunt ke mars dalam lalu yang jatuh berkeping-keping ke bumi padahal tujuannya merampungkan misi mengunjungi Salah satu bulan matian.

sementara itu kantor berita inggris reuters melaporkan bahwa putin berharap fasilitas tersebut yang akan dimanfaatkan untuk mengekplorasi bulan serta ruang angkasa dan isinya serta hendak digunakan dengan amerika serikat dan eropa.

saya amat berharap fasilitas ini akan digunakan juga tak hanya dengan kaum spesialis kami ternyata juga oleh spesialis daripada as, eropa dan negara-negara lain, kata putin.

rusia menginginkan fasilitas peluncuran itu dan terletak gampat ditempuh perbatasan china, merupakan saingan terhadap fasilitas di kazakhstan, itulah dikutip reuters juga afp.