Survei: Mahfud MD capres idola nahdliyin

hasil survei pw ikatan sarjana nahdlatul ulama jawa timur (jatim) bersama lembaga survei suprimasi mencatat mantan ketua mk mahfud md merupakan calon presiden idola terhadap nahdliyin jatim.

kami bertanya terhadap 1.238 responden yang dipilih secara proporsional melalui metode terbuka, oleh karenanya tercatat 26 calon presiden yang disodorkan responden, kata wakil sekretaris isnu jatim faza dhora nailufar, pada surabaya, minggu.

didampingi wakil ketua pw isnu jatim imam syafii, dhora yang serta kepala laboratorium ilmu politik universitas brawijaya malang menjelaskan hasil survei menunjukkan ada lima nama yang mencari dukungan lebih dari tiga persen.

mahfud md 21,08 persen, jokowi 12,76 persen, prabowo 11,15 persen, dahlan iskan 6,7 persen, dan arb 5,33 persen, sementara nama lain di bawah tiga persen, dalam antaranya jusuf kalla, anas urbaningrum, mohammad nuh, ahmad dani, saifullah yusuf, juga sebagainya, katanya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, hasil survei itu hendak diserahkan isnu pada pwnu jatim dan pbnu. ibaratnya, bila nu di ini menggunakan suara langit ataupun istikhoroh pada pemilihan kepala daerah, isnu melengkapi dengan suara bumi serta survei, ujarnya.

ditanya alasan nama mahfud md menduduki posisi teratas di kelompok masyarakat nahdliyin, ia mengatakan alasan responden umumnya menyebut mahfud md sebagai sosok yang tegas dan objektif selama bertindak, meskipun ada pilihan pihak dan menentangnya.

alasan dan terekam merupakan 36 persen ketegasan, 31 persen bersih dan jujur, 15 persen pengalaman di pemerintahan, empat persen adalah kader nu, dan 14 persen untuk alasan lain.

yang baik, arb tidak dijalani sama alternatif selama sidoarjo. dapat saja hal tersebut akibat lumpur lapindo, namun dan baik adalah ada penduduk nu yang tak terkena dampak lumpur lapindo dalam porong, sidoarjo, namun mereka memiliki solidaritas yang tinggi terhadap korban lumpur, katanya.

meski ditanya mengenai figur capres, katanya, pilihan nahliyin mencari melalui menggandengkan dengan figur lain, di antaranya 29 dari 261 responden yang bekerja sama dengan mahfud md menggandengkan dengan figur lain sebagai cawapres.

sebanyak 20 daripada 83 responden dan memilih dahlan iskan memasangkannya dengan figur lain, semisal jokowi serta mahfud md, sementara 20 dari 158 responden yang memilih jokowi juga memasangkan dengan figur lain, katanya.

untuk peta tujuan pemilih/responden, ia menyampaikan kebanyakan dari 38 kabupaten/kota selama jatim bekerja sama dengan mahfud md, tapi kebanyakan dukungan untuk mahfud md dari pemilih banyuwangi, sementara mayoritas pemilih jokowi ada pada lumajang, pasuruan, serta pamekasan. agar arb, kebanyakan pendukung dari pasuruan dan jember.